Friday 21 October 2016

Perilaku Yang Mencerminkan Kepedulian Terhadap Kaum Du’afa


Pelaksanaan zakat memiliki arti yang penting dalam kehidupan seorang muslim karena pelaksanaaan zakat ini merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan, sebab kalau ditinggalkan sama artinya dengan mengundang adzab Allah, dan dengan dilaksanakan perintah ini sama artinya dengan mengaharap ridha Allah.
Dengan zakat maka akan tercermin kepedulian seseorang terhadap orang lain, sebab dengan berzakat berarti kita telah: 
a.    Memberi makan para fakir dan miskin. Kita harus memperhatikan lingkungan di sekitar, jangan sampai ada orang yang kelaparan tidak bisa makan, terutama pada hari ‘idul fitri, dimana  seluruh kaum muslimin bergembira merayakan hari raya.
b.    Menyempurnakan ibadah pusa sekaligus untuk mensucikan diri dari perkataan kotor serta perbuatan tidak bermanfa’at yang dapat menghilangkan pahala puasa itu
c.    Membuktikan bahwa dia telah bersyukur atas ni’mat yang diberikan Allah kepadanya
d.    Membiasakan sikap disiplin.  Dalam hal ini zakat fitrah yang harus dibayarkan pada akhir Ramadhan,  kalau tidak maka akan menimbulkan dosa, atau zakat tersebut tidak sah karena waktunya sudah lewat.
e.    Mendidik diri agar memilki rasa kasih sayang kepada sesama umat, terutama bagi mereka yang membutuhkan, khususnya pada hari idul fitri.
f.    Menanamkan saham bagi perjuangan Islam, sebab zakat merupakan sumber dana perjuangan umat Islam.

No comments:

Post a Comment