Friday 21 October 2016

Fungsi Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat itu ada. Keyakinan akan adanya malaikat yang melaksanakan perintah Allah akan melahirkan kesadaran bahwa manusia tidak bebas berkehendak semau dirinya  sendiri, karena semua perbuatan diawasi oleh malaikat yang merekam semua perbuatan manusia yang akan ditemui hasilnya di kemudian hari.
Di antara fungsi beriman kepada malaikat antara lain :
1.    Mendorong manusia lebih berhati hati dalam berperilaku. Keyakinan akan adanya malaikat yang melaksanakan perintah Allah akan melahirkan kesadaran bahwa manusia lebih berhati hati dan waspada dalam tingkah lakunya selama hidup di dunia, karena mereka yakin ada malaikat yang mengawasi, mencatat, dan memeriksa perbuatan rnanusia.
2.    Mendorong manusia untuk memiliki kepribadian yang kuat dan utuh, sebab beriman kepada malaikat yang ghaib mencerminkan akan keyakinannya pada hal ghaib lainnya  terutama adanya surga neraka.
3.    Mendorong manusia lebih termotivasi atau terdorong untuk selalu berbuat baik dan menjauhkan diri dari perbuatan perbuatan buruk. Setiap orang beriman selalu berlomba lomba mencari kebaikan, karena di alam gaib atau di alam akhirat akan diberikan balasan
4.    Mendorong manusia menjadi bertambah iman karena kebesaran dan kekuasaan Allah Swt atas penciptaan alam semesta dengan menugaskan para malaikat. Manusia beriman menyerahkan hidup matinya kepada Allah penguasa alam semesta, bahkan meyakini bahwa suatu waktu dirinya akan menemui ajal dan akan mempertanggungjawabkan semua amal perbuatannya di alam akhirat.
5.    Mendorong manusia untuk selalu optimis, tidak ragu dan gentar dalam menghadapi setiap masalah yang datang, karena yakin akan adanya malaikat malaikat yang menjaganya atas perintah Allah Swt

No comments:

Post a Comment