Friday 26 August 2016

ZIKIR DAN DOA SETELAH SALAT

A.    Pengertian dan Kepentingan Zikir dan Doa Sesudah Shalat
Zikir artinya mengingat Allah SWT. Maksudnya puji-pujian dan bacaan-bacaan yang tidak mengandung permintaan, semata-mata hanya mengingat Allah. Di manapun dan dalam keadaan bagaimanapun kita berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Perhatikan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 152:




Artinya:    "Maka ingatlah kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku". (QS. Al-Baqarah : 152)
Dalam firman Allah yang lain:



Artinya:     "Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkan doamu". (QS. Al-Mukmin : 60)
Berbeda dengan zikir, doa adalah bacaan yang mengandung permintaan kehadirat Allah SWT. Karena itu, antara zikir dan doa tidak dapat dipisahkan.
Islam memerintahkan agar banyak berzikir untuk mengingat Allah. Shalat adalah zikir kepada Allah. Membaca Al-Qur’an, membaca tahlil, tasbih, takbir, dan doa, juga merupakan zikir. Bahkan makan yang didahului dengan membaca Bismillaahir rahmaanir rahiim dan diakhiri dengan membaca Al-Hamdulillaahi rabbil ‘alamiin juga termasuk zikir dan ibadah kepada Allah.
   
1.     Bacaan Zikir dan Doa Sesudah Shalat
Bila sudah selesai mengerjakan shalat-shalat wajib, disunatkan membaca zikir yang dibaca Nabi saw. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis, yaitu:
"Dari Tsauban ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bila telah berpaling dari shalatnya (menghadap kepada makmum) maka ia membaca istighfar tiga kali. Kemudian ia membaca Allahumma innaka antas salaam wa minkassalamu tabarakta ya zal jalali wal ikram". (HR Muslim)
Setelah selesai mengerjakan shalat wajib (fardu), maka disunatkan membaca:
                                                                
Artinya:    "Aku mohon ampunan kehadirat Allah Yang Maha Mulia". (dibaca tiga kali)

Artinya:    "Ya Allah Engkau Maha Sejahtera, dan dari Engkaulah (datangnya) kesejahteraan, dan kepada-Mulah kesejahteraan itu kembali. Maka hidupkanlah kami ya Tuhan dengan kehidupan yang sejahtera, dan masukkanlah kami ke dalam surga sebagai tempat yang sejahtera. Engkaulah yang memberikan limpahan berkah, ya Tuhan yang mempunyai kemegahan dan kemuliaan". (dibaca satu kali )
Kemudian lanjutkanlah dengan membaca tasbih:
                                                                               
Artinya: "Maha Suci Allah". (dibaca 33 kali)
lalu membaca tahmid:
                                                                                  
Artinya: "Segala puji hanya bagi Allah". (dibaca 33 kali)
dan membaca takbir:
                                                                                     
Artinya: "Allah Maha Besar". (dibaca 33 kali)

Artinya:    "Tidak ada Tuhan melainkan Allah sendiri, tidak ada sekutu-Nya. Dialah yang mempunyai kerajaan, bagi-Nya segala puji dan Dia yang menghidupkan dan Dia yang mematikan dan Ia berkuasa atas segala sesuatu".
Jika keadaan memungkinkan atau cukup waktu, sebelum bacaan di atas ditutup masih ada bacaan zikir lain yang disebut tahlil, yaitu:
                                                                             
Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah”.
Pendahuluan bacaan doa: (dibaca sambil mengangkat kedua tangan).
       
Artinya:    "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah semoga rahmat dicurahkan kepada Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya".
Doa selanjutnya, misalnya:





       
Artinya:    "Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka berdua seperti mereka telah mengasihiku semenjak aku kecil".








Artinya:    Ya, Allah, sesunguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dari hati yang khuyu, akhlak yang lurus, petunjuk yang tegak, amal yang diterima , dan rezeki yang luas, halal, baik serta penuh berkah.












Artinya:    Ya, Allah! kami telah berbuat aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan menjadi orang sesat. Ya Allah Tuhan kami! Janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban berat seagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami, ampinilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agama-Mu. 






Artinya:    Ya Allah Tuhan kami janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami. Berilah kami rahmat. Sesungguhnya Engkau Maha Pemurah.
         
Artinya:    Ya Allah, ampunilah dosa orang muslim laki-laki dan muslim perempuan, orang mukmin laki-laki dan orang mukmin perempuan, yang masih hidup atau telah mati, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
          
Artinya:    Ya Allah ampunilah dosa kami dan tutuplah segala kesalahan kami dan semoga jika kami nanti bersama-sama dengan orang yang baik.


Artinya:    "Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebahagian di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka".
Ringkasan Materi

No comments:

Post a Comment