Thursday 25 August 2016

TANDA-TANDA HARI AKHIR

Tanda-Tanda Hari Akhir
Walaupun saat tibanya hari akhir itu tidak dapat diketahui oleh siapapun, namun Allah SWT membuat berbagai tanda atau alamat. Apabila tanda-tanda tersebut telah ada, ini menunjukkan bahwa hari kiamat telah dekat. Allah berfirman:

Artinya: "Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) ke datangannya kepada mereka dengan tiba-tiba karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya". (QS. Muhammad (47) : 18)
Tanda-tanda akan tibanya hari kiamat dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad saw, riwayat Bukhari,  yaitu:
1.    Dua kelompok besar manusia berperang dan menimbulkan korban perang yang sangat banyak. Tiap-tiap pihak memiliki sekutu sesuai dengan agama yang mereka percayai.
2.    Lebih kurang tiga puluh pendusta akan muncul dan masing-masing mengaku bahwa dirinya adalah Rasulullah.
3.    Ilmu agama akan lenyap dengan meninggalnya para ulama.
4.    Terjadi banyak gempa bumi.
5.    Waktu akan berjalan sangat cepat.
6.    Fitnah bermunculan di mana-mana.
7.    Para pembunuh bertambah banyak.
8.    Kekayaan telah berlimpah, sehingga karena sangat berlimpah, seseorang yang kaya sukar menemukan orang untuk diberi sedekah. Manakala ia menemukan orang yang akan diberi sedekah, orang itu akan berkata, aku tidak membutuhkannya.
9.    Manusia berlomba-lomba membangun gedung-gedung pencakar langit.
10.    Ketika melewati kuburan seseorang, orang akan berkata seandainya aku berada ditempatnya.
11.    Matahari terbit dari Barat. Ketika manusia melihat matahari terbit dari Barat mereka semua beriman tetapi pada saat itu Allah berfirman: "Tiada berguna iman seseorang jika ia tidak beriman sebelumnya atau berusaha berbuat baik dengan imannya".
Dalam hadis lain riwayat Muslim dan Abu Dawud disebutkan:
"Sesungguhnya tanda hari kiamat yang pertama kali keluar terbitnya matahari dari sebelah Barat. Keluarnya binatang di hadapan orang banyak di waktu duha. Mana saja yang keluar lebih dahulu antara tanda itu, maka yang lain akan menyusul dalam waktu dekat".

No comments:

Post a Comment